Tuesday, November 21, 2017

Awal Mula Suka Stand Up Comedy

     Stand Up Comedy semakin hari semakin hits dan banyak orang yang suka. Termasuk gua. Bahkan banyak yang coba buat jadi 'komika' istilah untuk seorang Stand Up Comedi-an.  Gua suka nonton Stand Up Comedy, karena lucunya itu gak mainstream dan unik. Ya walaupun ada beberapa komika juga yang emang garing hahaha, dan disini gua mau cerita awal mula suka Stand Up Comedy. Selamat membaca.
     Awal mula, saat itu gua masih sekolah kelas 10 atau kelas 1 SMA, ada orang yang awalnya nyebelin tapi entah suatu hal kita jadi akrab dan intim komunikasi dan bertemu cielah.. hahahaha. Suatu hari gua sama dia ngobrol, dia cerita tentang semua hal yang dia suka salah satunya stand up comedy itu. Awalnya gua gak tau sama sekali apaan stand up comedy dan gak tertarik buat bahas. Pokoknya kedengeran asing lah di telinga gua.  "Win kalo malem suka tidur jam berapa?" tiba-tiba dia nanya. "Ya tergantung, biasanya nya sih nyerempet-nyerempet tengah malem" jawab gua. "Nah, kebetulan malem ini tuh ada yang lucu-lucu, coba lu nanti jam 10an nyalain tv channel Metro TV dan nonton deh" tutur dia. Lah, apaan nih orang malem2 suruh gua nonton Metro TV, suruh nonton berita apa gimana. Soalnya setau Gua Metro TV itu TV berita kayak TVOne. "Ada apaan emang, ngantuk ah jam segitu mah. Mana Metro TV renyek di gua mah" gua berusaha ngeles. "Yeeeeh, coba aja yak yak" paksa dia. Gue cuma diem liat tingkah dia hahaha. Gak kepikiran soal Stand Up yang dia ceritain. Malem telah tiba, penasaran apaan sih ni orang nyuruh gua nonton Metro TV. Pas magrib dia tuh sms "jangan lupa jam 10 Metro TV". Gua bales "iya iya". Dari setengah 10 gua udah nongkrong depan TV, orang rumah udah pada tidur. Jam 10 belum ada apa-apa masih aja berita, gua mikir apaan sih ini, dan dia gak ada sms atau ngasih tau apa apa lagi.  Gua coba sms dia, "apaan nih uda jam 10 kagak ada apa-apaan berita cuy", dan gak di bales sama dia. Mungkin dia juga udah tidur kali, resek!! Gua masih nungguin jam 10 hampir setengah 11 tiba-tiba muncul acara "Stand Up Comedy" saat itu komika yang pertama kali diliat Bintang Bete, Mongol, sama Awwe. 



Gua nonton dan cuma senyum2, ketawa kecil, dan emang sedikit garing mungkin karena pertama kali liat hahaha. Mongol terkesan ada mesum-mesum nya gitu tapi dia yang paling lucu. Acara nya ternyata cuma sebentar gak ada opening atau pun penutup, komika tampil, di potong iklan 2x acara selesai. Gua mikir ni orang niatnya apa nyuruh gua nonton beginian, kalo jaman sekarang tuh istilahnya unfaedah hahaha gak ada faedah nya sama sekali.  Tapi lumayan sih hiburan tengah malem juga hehehe. 
     Keesokannya dia nanya "malem liat gak?". "Liat, Stand Up Comedy kan? apaan jam sepuluh hampir setengah sebelas baru mulai resek!!. "Hahahahahaha maap gua taunya mulainya jam 10 hahaha" dia ngikik ngetawain. "Lucu sih, tapi rada gak ngerti, rada garing" gua berusaha ngejelasin.  "Maklum sih baru pertama kali liat, lama-lama juga lucu, kalo mau nonton lagi jadwalnya 2 atau 3 kali seminggu, kalau harinya gak inget hari apa aja, yang jelas malem jumat ada" cerocos dia. Lah gua jadi mikir ni orang promoin doang apa gimana. Tapi gua seneng sih, dan selalu mikir dia sengaja ngasih hiburan dengan ngasih tau acara-acara bahkan hal-hal yang dia suka. Semenjak itu, gua jadi ketagihan dan lebih kepenasaran sih Standup Comedy tuh gimana dan emang bener-bener worth gak buat di tonton. Setiap selasa, rabu dan kamis malem kalo gak salah gua nonton Stand Up di Metro TV, tapi kadang-kadang seminggu cuma 2x tayang bahkan 1x doang hufft. Nah, sedikit-sedikit gua mulai tau banyak tuh soal komika, dan gua masih inget yang pertama-tama banget di tonton itu ada Raditya Dika, Pandji, Cak Lontong, Soleh Solehun, Uus, Acho, Jui, Mongol, Bintang Bete, Lolox, Mo Sidik, Arif Didu dan Abdel hahaha. Semenjak saat itu pokoknya gak mau ketinggalan nonton banget, ya meskipun malem banget (bagi anak sekolah) dan acara nya cuma sebentar. Gak jarang gua sama dia nonton Stand Up bareng ya walaupun gua dirumah dan dia dirumahnya hahaha, biasa nonton sambil live chat atau sms. Ya itu sebenernya alesan utama gua nonton, biar bisa ngobrol sampe tengah malem sama dia hahaha, because late night conversations are always the best gaesss hahahaha!
     Nonton di tv sebenernya kurang puas, karena ya emang gitu acara nya malem banget dan sebentar pulak, kadang-kadang gak tayang juga. Nah, ternyata gue ngulik di youtube banyak banget video2 Stand Up,  dan seiring berjalannya waktu gue sukaaaaaak sama Stand Up. Tapi gak semua komika gue suka hahaha. Bodoh dan upay nya gua nih ya, gua suka Stand Up tapi gak pernah tau dan nonton SUCI di Kompas TV hahahahahaa. Soalnya gua nontonnya yang di Metro TV aja ngikutin dia. Gua baru ngikutin SUCI setelah SUCI season 5, yang juara nya gak ngangkat banget itu Bang Rigen wkwkwk orang-orang bilangnya begitu parah banget hahaha.  Makin sini komika makin banyak banget bermunculan, dan gaya Stand Up pun macem-macem, bahkan acara Stand Up juga jadi banyak di TV. Dan semenjak SUCI 5 itu gue jadi ngikutin SUCI, ya meskipun jarang-jarang nontonnya. Dari SUCI 6 Indra Jegel gua suka, Ardhit juga suka hahaha. Ngikutin SUCI 7, dan Ridwan Remin si mulut nyinyir yang jadi juaranya hahaha, soalnya dia kalo udah ngeroasting orang jago banget. Untuk saat ini sih lagi suka banget sama Koh Ernest, Jegel, Aci, Ardhit, Bang Radit, Ge, masih banyak sebenernya wkwk.
     Gue suka Stand Up tapi sampe detik ini belum pernah nonton Stand Up secara langsung gaess. Pernah waktu itu sama dia mau ke Event Stand Up Fest di Jakarta, tapi gagal. Tiap tahunnya gitu terus hahaha dan sampe sekarang belum kesampaian. Mau nekat sendiri kurang berani, bener-bener butuh temen banget. Oh ya sampe sekarang pun gue belum nemuin temen cewek yang bener-bener suka Stand Up juga, rata-rata bilang nya garing dan gak seru. Padahal berharap banget ada yang satu hati sukak dan bisa nonton Live bareng, biar gak sendirian. Pasti seru.
     Anyway gua ngetik ini sambil senyum-senyum sendiri hahaha inget masa lalu, kangen. Apa kabar dia, dari semenjak lulus sampe sekarang pun udah gak pernah komunikasi. Semoga kamu selalu bahagia, sukses dan sehat. Mau ngucapin makasih, waktu itu kamu selalu berbagi hal yang kamu suka sampe aku pun ikut-ikutan suka. Berharap suatu hari kita bisa ketemu lagi, kangen suara kamu, kangen semangatnya kamu kalau lagi cerita hal yang kamu suka, kangen cueknya kamu dan kadang-kadang kangen perhatian kamu. Hahaha jadi curhat gini dah. Oke daripada makin ngelantur mungkin cukup segitu cerita Awal mula gue suka Stand Up Comedy, ya mungkin awalnya gue suka karena doi tapi sekarang pure gue emang sukak. 
Makasi yang udah mau sempet-sempet-in baca cerita ini sebenernya ini lebih ke curhat sih hahaha gpp la yaaa. See u di next story yaaak. Wuff u!!

4 comments: